Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

0



Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran modern yang saat ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat kita. kebanyakan masyarakat di negara kita sudah banyak mengetahui cara memanfaatkan kartu kredit baik untuk melakukan pembelian pada suatu toko online ataupun toko konvensional. Selain itu, banyak keuntungan yang diberikan oleh pihak bank untuk nasabahnya seperti banyaknya diskon yang diberikan untuk beberapa kategori barang yang tengah anda perlukan dan program cicilan bunga 0 % yang memberikan banyak keuntungan bagi setiap nasabah. Akan tetapi, kita harus dapat menggunakannya dengan bijak karena bisa saja jika anda menggunakannya tidak teratur yang ada hanya akan merugikan finansial anda karena pemborosan. Berikut pemaparan cara menggunakannya dengan lebih bijaksana:

1 . Menetapkan Anggaran
Tetapkanlah berapa budget atau anggaran pengeluaran yang anda miliki setiap bulannya. Meskipun anda memiliki kartu tersebut, usahakanlah untuk tidak melebihi anggaran biaya bulanan yang anda miliki. Cara memanfaatkan kartu kredit dengan menetapkan anggaran ini merupakan cara yang baik guna terhindar dari ketidak disiplinan pembelanjaan yang akan berujung pemborosan. Jika pun ada beberapa barang yang perlu anda beli, pembelanjaan dengan menggunakan kartu kredit tetaplah harus dibatasi dengan menetapkan limit.

2 . Memahami Syarat dan ketentuan
Hal ini biasanya luput dari perhatian kita semua. Syarat dan ketentuan sangat mutlak untuk anda baca terlebih dahulu serta dipahami maksud dan tujuannya. Hal ini sangat penting guna menghindari kesalah pahaman di kemudian hari. Selain itu, penting bagi anda untuk dapat mengetahui berapa besaran biaya tambahan yang harus anda bayar, seperti biaya penarikan tunai, denda keterlambatan dan biaya lainnya.

3 . Usahakan Untuk Membayar Penuh
Bagi setiap nasabah ada pilihan membayar minium tagihan sebesar 10 % dari total tagihan, usahkanlah untuk membayar penuh tagihan ini pada setiap bulannya. Hal ini berguna untuk cashflow atau yang  biasa disebut sebagai aliran keluar masuk uang di rekening tetap lancar. Pembayaran minimum pada umumnya akan menyebabkan tagihan yang lebih besar pada bulan berikutnya pasalnya ada bunga yang jika anda hitung-hitung akan lumayan besar.
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog:

Popular Posts